Awas Bahaya Futur

Apa itu Futur ?
Pernah kita merasakan malas beribadah padahal sebelumnya rajin?
Pernahkah merasakan tidak nikmat dalam ibadah, padahal sebelum khusyu? sehingga ibadah jalan tetap hati tetap gelisah, tdk tenang.
Itulah kondisi FUTUR..
Tanda-tanda futur
1. Malas dalam beribadah, tetapi tidak meninggalkan ibadah wajib
2. Hati terasa keras, gelisah, ibadah tidak khusyu
3. Terlalu cinta dunia
4. Banyak berbicara khususnya hal yg tidak bermanfaat
5. Melupakan tanggung jawab agama, umat dan keluarga
6. Meremehkan dosa2 kecil
Terapi agar sembuh dari FUTUR
1. Banyak mengingat akhirat
Rasulullah bersabda: “Sekiranya engkaumengetahui apa yang aku ketahui, niscaya engkau akan banyak menangis dan sedikit tertawa. Para shahabat bertanya, “Apa yang Anda lihat wahai Rasulullah?” Aku telah melihat indahnya surga dan ngerinya neraka.” (HR. Muslim)
2. Beramal secara rutin walau sedikit
“Lakukanlah amal sesuai dengan kemampuanmu kerana sesungguhnya Allah tidak merasa bosan sehingga kamu sendiri merasa bosan. Sesungguhnya amalan yang paling disukai Allah ialah yang dilakukan secara rutin walau pun sedikit.” (HR. Bukhari & Muslim)
3. Berteman dengan orang sholeh
“Seseorang sangat dipengaruhi teman dekatnya, maka hendaklah ia melihat (selektif) dengan siapa ia berteman.” (HR. Abu Daud).
4. Menjaga rizqi yg halal dan baik
“Barangsiapa menjaga diri dari syubhat, maka ia telah melindungi agamanya dan kehormatannya. Dan barangsiapa terjerumus dalam syubhat, maka ia bisa terperosok dalam keharaman.” (HR. Bukhari no. 52, dan Muslim no. 1599)
5. Banyak makan dan hal mubah lainnya
Allah berfirman, “Makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan. Sesuangguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al A‘raf: 31).
Semoga kita terhindar dari penyakit futur, terus semangat dan khusyu dalam beribadah, menuntut ilmu dan berbagi kebaikan.aamiin

Leave a Comment