Umat Islam Bersatu

Masya Allah, Aksi Bela Islam 212 pada tanggal 2 Desember 2018 memberikan semangat kepada kita bahwa Umat Islam masih bisa bersatu dalam ukhuwah Islamiyah. Sekitar 10 – 13 juta umat Islam bersatu untuk menyerukan Tauhid dan Kebangkitan Islam.

Berbagai elemen ormas maupun individu bergabung dalam Aksi Bela Islam 212 seperti Muhammadiyah, NU, Persis, DDII, FPI, PKS, Hasmi, Para Jawara Betawi Sunda dan masih banyak lagi. Hampir semua elemen masyarakat terwakili dalam Aksi Bela Islam 212.

Allah subhanahu wata’ala berfirman

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (Ali Imron 103)

Ayat tentang persatuan ini didahului dengan perintah untuk beriman dengan sebenar-benarnya, sehingga buah dari iman adalah persatuan ummat.

Kaum Yang Tidak Senang

Dalam berbuat kebaikan maka pasti akan ada berbagai elemen yang tidak akan suka, bila itu orang kafir maka hal itu wajar karena berbeda aqidah. Tetapi bila hal tersebut dilakukan sesama Muslim maka hal tersebut menjadi ujian dan tantangan dakwah bagi kita bahwa masih banyak yang perlu kita dakwahi agar umat bersatu, jangan kita lawan mereka dengan kemarahan karena akan kembali melemahkan kita.

Allahu subhanahu wa ta’ala berfirman

“Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS Al-Anfaal : 46)

Mari kita nasehati mereka dengan kebaikan dan doa terbaik. Biarkan mereka mencaci kita dengan kata-kata Sampah, Aliran Radikal, Intoleran, Ahlu Bid’ah, Sesat dll.

Teruslah kita menambah ilmu, berjuang beramal untuk Islam, insya Allah akan mendapatkan pertolongan Allah seperti janji Allah.

“Hai orang-orang yang beriman jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”. (Muhammad :

Herman Abdurrohman

Foto Foto Laskar Thifan Po Khan PTI saat Aksi Bela Tauhid 212 Ahad 2 Desember 2018