Sejarah PTI

Terbentuknya PTI

1. Latar belakang

Ada 3 hal (latar belakang) mengapa dibentuk lembaga Persaudaraan Thifan Po Khan
Indonesia, yaitu :

a. Mensikapi perkembangan Thifan secara kwalitas (sistim pelatihan Thifan)
b. Mensikapi perkembangan Thifan secara kwantitas (Perkembangan tamid dan lembaga
Thifan)
b. Mengimbangi perkembangan Thifan terhadap kondisi saat ini (Dikembangkan dengan
Profesional dan Ilmiah)

Ada 3 masa perkembangan Thifan di Indonesia:
1. Masa tahun 1800-an berkembang secara tradisoinal
2. Masa tahun 1900-an berkembang secara tradisional dan terorganisir
3. Masa tahun 2000-an berkembang secara Profesional, Ilmiah dan Terotganisir

2. Awal Berdirinya
Persaudaraan Thifan Po Khan Indonesia (PTI) dibentuk pada awal tahun 2005, terbentuknya PTI terjadi setelah beberapa orang pembimbing senior Thifan Po Khan mengkaji kembali kitab nara sumber Thifan Po Khan, bersama nara sumber /sesepuh Thifan Po Khan, mereka menyadari bahwa ternyata perkembangan Thifan Po Khan yang sudah berjalan atau yang sedang berjalan tidak sesuai dengan kaidah-kaidah Thifan itu sendiri. Mereka menginginkan kemurnian pelatihan Thifan Po Khan, maka dibentuklah PTI yang memiliki misi mengembalikan kemurnian kaidah ilmu Thifan Po Khan.
Sebagian besar anggota Thifan mendukung berdirinya Persaudaraan Thifan Po Khan Indonesia dan siap bergabung dengan Persaudaraan Thifan Po Khan Indonesia.
Sesuai dengan namanya, Persaudaraan Thifan Po Khan Indonesia disingkat PTI merupakan wadah persaudaraan kelompok-kelompok Thifan Po Khan, bertujuan untuk menyatukan kelompok-kelompok bela diri Thifan Po Khan dalam satu organisasi yang berlandaskan Al Qur’an dan As Sunnah, serta berbadan hukum yang diresmikan oleh pemerintah Indonesia.
9Dalam organisasi ini diharapkan kelompok-kelompok bela diri Thifan Po Khan bisa melebur dalam satu kepengurusan, dengan menyamakan visi dan misi, melangkah bersama untuk membentuk pribadi-pribadi yang berfisik sehat, kuat, cerdas dan terampil serta berakhlaqul karimah serta berdakwah dengan sarana bela diri Thifan Po Khan yang bebas dari Takhayul Bid’ah dan Khurofat.

Maka dalam hal ini terget Terbesar dari PTI adalah :
1. Bisa menyatukan Thifan-Thifan yang ada, dan
2. Bisa membenahi perkembangan dan pelatihan Thifan.